Minggu, 30 Mei 2010

Menggeliat di Antara Gedung Bertingkat













Foto & Naskah: Feri Latief



Hamparan hijau itu terbentuk dari sederetan tanaman selada, bayam, kangkung dan lainnya. Sungguh menyejukkan mata.
Hanya saja, jangan lantas
membayangkan suasana di
pedesaan. Ini sepenggal lahan yang terbentang di antara
keriuhan belantara beton
Jakarta, yang lebih sering
tampak angkuh.

Sejumlah lahan tidur milik Pemda DKI itu kini tak lagi gersang. Puluhan orang, yang datang dari luar Jakarta, telah me¬manfaatkannya untuk bercocok tanam. Sedikitnya di wilayah Jakarta Timur saja ada tiga titik lokasi yang dijadikan lahan pertanian, yakni kawasan Pedongkelan, Jalan Pramuka dan sekitar Bejana Tirta – tepat di belakang kantor Bea Cukai. Mereka yang menggarap lahan di kawasan perempatan Jalan Pramuka kebanyakan berasal dari daerah Bogor; sedangkan yang di daerah Pedongkelan digarap oleh sejumlah petani dari Cirebon, Indramayu dan Ngawi.

Salah seorang penggarap, Andi (58), mengutarakan bahwa setiap bulan¬nya rata-rata penghasilan para petani berkisar Rp 500.000 hingga Rp 750.000. Untuk penghasilan tambahan, dia men¬gaku masih punya sawah di desa asalnya di Bogor. Makanya, setiap musim tanam padi ia akan pulang ke Bogor mengurusi sawah-sawahnya, dan selebihnya dia mengurusi kebun sayurnya di perempatan Pramuka itu.

Tanaman sayuran yang ditanam di anta¬ranya adalah kangkung, sawi hijau, sela¬da, kenikir, kemangi dan bayam. Mereka menggunakan pupuk organik dan urea untuk membantu menyuburkannya. Un¬tuk pengairan, mereka mengandalkan air tanah yang disedot dengan mesin pompa listrik. Air kemudian ditampung di kolam-kolam kecil yang tersebar di beberapa titik pada lahan yang digarap. Dari kolam itu air diangkut dengan sebor ( ember khusus untuk menyirami tanaman).
Pengadaan air yang menggunakan tenaga listrik itulah yang menjadi pengeluaran terbesar para petani. Mereka harus merogoh kocek hingga sekitar Rp 800.000 per bulan untuk keperluan pembayaran rekening listrik.

Hasil panen biasanya mereka pasok ke beberapa pasar seperti pasar Senen, Pedongkelan dan Klender. Ada pula yang sebelum dipanen sudah dipesan. Konsumen seperti ini biasanya para pengusaha kecil yang menjual pecel lele atau asinan. Mereka menggunakan sistem ijon, dengan membayar di muka walau hasil kebun belum ditanam atau dipanen. Dengan sistem ijon ini petani mendapatkan modal untuk bercocok tanam. Nilai lebih dari sistem ini adalah konsumen punya kepastian akan stok sayur, dan yang pasti lebih segar. Kalau mengandalkan stok sayuran di pasar, mereka sering tidak kebagian dan kadang malah mendapatkan yang kurang segar.

Tidak semua penggarap di kebun-kebun metropolitan itu berlatar belakang tani. Contohnya, Yadi (27). Pemuda asal Indra¬mayu ini beralih menjadi petani setelah usaha dagangnya gulung tikar.
Daripada menganggur dan menjadi be¬ban orang lain, akhirnya dia geluti usaha tani ini. Yadi baru dua tahun bergabung dengan rekan-rekannya yang berasal dari daerah Ngawi, Jawa Timur. Sementara yang lainnya, seperti Pak Andi, sudah sepuluh tahun membudidayakan lahan tidur tersebut.

Ada semacam perjanjian antara para petani dan pemilik tanah; apabila tanah itu akan digunakan pemiliknya, mereka harus angkat kaki dengan sukarela. Ba¬gaimana nasib mereka selanjutnya? Mer¬eka hanya bisa menggelengkan kepala. Padahal, banyak di antara mereka yang sudah memboyong anak dan istrinya dari kampung halaman untuk menetap di tanah garapan.

Di dalam gubuk-gubuk sangat sederhana yang mereka bangun, di antara gedung-gedung bertingkat di sekelilingnya, mereka bernaung dari terik mentari dan dinginnya hujan. Bagaimanapun, mereka harus tetap bertahan agar kehidupan terus berlangsung, jauh dari hiruk-pikuk korupsi, kolusi dan nepotisme


Dimuat dalam e-magazine Exposure pada tahun 2008 di rubrik Essay

manusia dan kehilangan

Setiap diri kita akan diuji dengan sesuatu yang kita cintai, demikianlah syair yang dilantunkan oleh ustadz muda Jefri Al-Buhori, memang betul adanya demikian. Soo coba kita lihat setiap perjalanan hidup kita, terkadang kita harus merelakan sesuatu yang kita cintai baik itu yang berbentuk materi maupun non materi. Pertanyaannya adalah apakah lantas kita harus bersedih..? menurutku yah harus, kenapa aku katakan harus, sebab ketika kita kehilangan sesuatu yang kita cintai kemudian kita biasa – biasa saja berarti ada ketidakjujuran dalam kecintaan kita kepada sesuatu itu. Menurutku persoalannya adalah bukan sedih atau tidak sedihnya kita akan tetapi bagaimana kita mampu ditengah – tengah kesedihan yang kita alami kita mampu tetap dalam kondisi penuh kepasrahan kepada yang Maha Memiliki, siapa dia..? Dia adalah Allah SWT.

Bagaimana mungkin ketika kita kehilangan sesuatu yang kita cintai kemudian kita tidak bersedih, memang tabiat manusia begitu kok. kita mungkin ingat kesedihan Rasulullah Saw ketika ditinggalkan istri tercintanya Hadijah dan juga ketika beliau ditinggal oleh anak yang dicintainya, beliau menangis dan sedih. Sekali lagi persoalnnya bukan sedih atau tidak sedih akan tetapi lebih kepada sejauhmana kita mampu mengambil ibroh dari peristiwa tersebut, munculnya kesadaran bahwa yang namanya hidup pasti akan mati, memaknai bahwa segala sesuatu yang kita miliki pada hakikatnya adalah titipan jadi ketika yang nitip hendak mengambil ya kita harus ridho dan ikhlas untuk mengembalikan barang titipan tersebut. Disinilah nantinya kita bisa melihat diri kita sendiri sampai sejauhmana ketergantungan kita kepada Allah SWt sebagai Dzat yang maha memiliki. Apakah kita akan menjadi manusia yang tangguh dan sabar sehingga kecintaan Allah semakin dalam atau memang kita berubah menjadi manusia yang tidak tahan dan pura – pura tidak tahu bahwa hidup itu akan berakhir..? jawabanya tidak bisa disamaratakan tergantung kita masing – masing.

Kehilangan sampai kepada perpisahan itu adalah sirkulasi kehidupan yang memang bakalan terjadi, terserah kita mau rela atau tidak, kita mau ridho atau tidak yang jelas memang seperti itulah faktanya. Berat memang untuk merelakan sesuatu yang kita cintai lenyap didepan mata kita, akan tetapi mau bagaimana lagi memang sudah demikian aturannya. maka dari itu Allah selalu mengingatkan kita semua bahwa ketika kita sedang merasakan kebahagiaan dan kegembiraan ingatlah Allah, sehingga Allah akan ingat kita manakala kita dalam keadaan sebaliknya. Bisa ngga yah.. kita seperti itu..? jawabannya bisa jadi bisa atau juga tidak bisa, tergantung jenis manusianya.

Kalau manusia yang tidak mampu memaknai hakekat dari kehidupan dipastikan dia akan “meleleh” seperti lilin yang termakan api, tapi bagi orang yang memang sudah siap betul akan kondisi seperti itu, Insya Allah dia akan mampu melewati masa itu dengan penuh keridhoaan dan ketawadhu’an lalu diiringi dengan mengevaluasi diri, apa yang telah kita lakukan sehingga sampai terjadi demikian, apakah memang kita sering lalai ketika diberi nikmat, sering terbersit sombong sehingga tidak pernah memanjatkan do’a kepada yang maha memiliki, sehingga merasa bahwa kitalah yang membuat aturan kehidupan kita dan kita lah yang paling bisa menentukan arah hidup ini, lalu munculah diri merasa sudah tidak perlu membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Wallahu’alam,hanya diri kita dan Allah sajalah yang tahu tentang lintasan hati kita.

kewajiban dalam hidup

Menurut FASB kewajiban diartikan sebagai pengorbanan manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti yang timbul dari keharusan sekarang suatu kesatuan usaha untuk menstransfer aset atau menyediakan/menyerahkan jasa kepada kesatuan lain datang sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu. Terdapat beberapa pengertian lain selain dari FASB yaitu seperti pengertian menurut IASC, AASB, dan APB No. 4, tetapi pada umumnya dijelaskan bahwa kewajiban memiliki tiga kharakteristik utama yang terdiri atas pengorbanan manfaat ekonomik masa datang, keharusan sekarang untuk menstransfer aset, dan timbul sebagai akibat transaksi masa lalu.

Sumber : http://dwiermayanti.wordpress.com/pokok-bahasan-teori-akuntansi/kewajiban/

arti sebuah persaudaraan

“Sesungguhnya orang-orang mukmin adl bersaudara krn itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat Rahmat.”
Allah SWT banyak menekankan arti persaudaraan sesama muslim dalam banyak ayat. Bahkan agar saling memintakan apapun satu sama lain krn banyak saudara seorang muslim merasa kuat aman dan mendapat perhatian. Dalam persaudaraan terdapat pula hak dan kewajiban minimal ada 6 seperti yg dijelaskan oleh Rasulullah saw.
Hak seorang muslim terhadap muslim lainya ada enam 1. Apabila diberi salam hendaknya dijawab. 2. Apabila diundang hendaknya dipenuhi. 3. Apabila diminta nasihat hendaknya memberi nasihat. 4. Apabila bersin dan mengucapkan hamdallah hendaknya dijawab yarhamukallah. 5. Apabila sakit hendaknya dikunjungi. 6. Apabila dia wafat hendaknya diantar sampai kuburan. .
Ada beberapa hal yg dapat merusak persaudaraan itu diantaranya sombong egois senang memperolok atau mengejek berbangga diri krn keturunannya kemaksiatan krn lali terhadap Allah meninggalkan hukum Allah dsb. Kondisi ummat Islam umumnya dan Indonesia khusunya menuntut persaudaraan lbh urgent. Namun demikian kita jangan termakan propaganda kaum salibis yg sedang gencar menyebarkan dakwah persaudaraan kepada ummat Islam dalam rangka menyeret ummat Islam ke dalam ajaran mereka. Naudzubillahi mindzalik.
Oleh Al-Islam - Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia

sumber file al_islam.chm
http://blog.re.or.id/persaudaraan-islam.htm

kepercayaan hidup

Kepercayaan berasal dari sebuah kata ‘percaya’ yang artinya memeberikan rasa penuh pada suatu hal tanpa ada prasangka atau keraguan didalamnya.Dalam hubungan antara dua orang atau lebih,dalam hal apapun,jika ada hal yang memang harus dilakukan dalam hal kerjasama maka sikap percaya adalah hal penting yang harus diterapkan.

Sebuah rasa percaya memberikan rasa tenang kepada yang memilikinya karena sebuah kepercayaan adalah hal yang tidak mudah didapat.Orang yang baru saja dikenal tidak lantas mendapatkan kepercayaan begitu saja karena aada dasar rasa kenal dan yakin terlebih dahulu sedangkan pada orang yang baru diketahui kita belum tentu langsung merasa yakin.

Tanggung jawab dibalik sebuah kepercayaan itu sendiri bukanlah hal yang bisa dianggap remeh.jika seseorang sudah memberikan kepercayaannya kepada kita maka sebuah tugas baru untuk kita adalah menjaga dan melaksanakan apa yang mereka berikan dengan sungguh-sungguh.Berkaitan dengan tanggung jawab seorang manusia maka itu semua sebenarnya berasal dari rasa percaya.

Kepercayaan itu sendiri sebenarnay bukan hanya ada antara hubungan dua orang manusia atau lebih tetapi ada sebuah kepercayaan yang lebih sulit ditumbuhkan yaitu kepercayaan pada diri sendiri.Adakalanya rasa yang ada pada diri akan menimbulkan semangat baru dalam melakukan sesuatu dan itu lahir dari rasa percaya.
Percayalah bahwa diri ini sebenarnya mampu melakukan banyak hal walau rasanya sulit meyakinkannya.

Percayalah bahwa sebuah masalah itu datang satu paket dengan solusinya.
Percayalah jika kita percaya dan yakin pada kemampuan diri sendiri dan doa maka semua hal buruk dapat teratasi.

Percayalah bahwa itu semua hanya membutuhkan hal sederhana yaitu kepercayaan.
Maka mulailah untuk percaya pada hal-hal baik karena itu juga akan baik untuk hati dan pikiran kita.

BEDAK SETELAH MANDI

Duduk sendiri di kamar yang suram
Menunggu waktu berlalu dengan lambatnya menunggu kabar; baik atau buruk
Bau orang sakit dan obat yang tak menyenangkan memaksa pikiranku melayang
Suara tawaku sendiri terngiang dalam telingaku
Saat kenangan memaksaku tersenyum
Gelembung sabun menmpel lembuat pada kulit bayiku
Wangi stroberinya mengelitik hidungku
Nenekku,kni lebih muda,kuat dan sehat
Mengangkatku keluar
Air menitik dari tubuhku,jatuh kembali ke dalamgelembung dengan bunyi lembut
Kini aku terbungkus handuk lembut
Lengannya memelukku dengan penuh kasih sayang sambil membawaku ke ranjang yang besar dan nyaman
Aku tertwa gembira ketika dia mengambil kaleng putih kecil dari lemari pink bermotif bunga
Bedak putih beterbangan ketika kaleng itu dibuka memenuhi udara dan hidung dengan wanginya yang manis dan lembut
Sambil tersenyum ia menepuk-nepuk kulitku yang masih agak basah
Dengan bedak putih itu
Hingga aku terbungkus utir-butir bedak putih
Berpakaian dan kembali dalam pelukan
Aku dibiarkan melompat dan bermain dengan gembira
Suara-suara memenuhi kenangan yang terus berputar
Aku kembali ke dunia nyata
Berdiri dan berjalan melalui bola-bola menakutkan
Ke kamar rumah sakit yang dipenuhi oleh penyakit
Setelah lebih dewasa dan menghargai,aku berjalan menemuinya
Memeluknya tubuhnya yang rapuh
Dengan cinta yang telah diberikannya padaku
Begitu sering pada tahun-tahun sebelumnya
Dengan bedak setelah mandi

By : Ashley Crawford

hubungan manusia dan keluarga

Kekeluargaan? Kalau di dalam anggota keluarga sendiri memang hal ini mudah didapatkan dan dirasakan. Tetapi ketika sudah berada di luar lingkup keluarga sendiri rasanya akan sedikit sulit untuk mendapatkannya. Sebenarnya untuk mendefinisikan kekeluargaan dengan kata-kata itu terasa sangat sulit. Coba kita pikirkan? Kalau seseorang bertanya apakah kekeluargaan itu? Sangat sulit untuk dijawab. Kita merasakannya dan tidak bisa mengungkapkannya. Kita bisa merasakan apakah kekeluargaan itu sudah ada atau belum, tapi kita tidak bisa menjelaskan bagaimana bentuk kekeluargaan yang diinginkan oleh kita sendiri.

Ada saatnya kekeluargaan sangat dibutuhkan untuk bekerjasama. Dalam berorganisasi pun sangatlah dibutuhkan. Kenapa dibutuhkan? Karena kalau dirasa kerjasama yang erat bisa berlangsung dengan sukses jika para anggotanya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh satu sama lain. Dan terlebih lagi jika anggotanya saling peduli satu sama lain, maka sangat diyakini bahwa suatu pekerjaan akan mencapai kesuksesan.

Tapi ketika kekeluargaan itu hanyalah omongan belaka tanpa bukti nyata. Memang ketika kita diminta untuk membuktikan kekeluargaan yang dimiliki, itu adalah hal yang sulit. Coba saja ketika kita diminta membuktikan rasa kekeluargaan dengan kakak atau adik kita. Bagaimana cara membuktikannya? Apakah dengan memberikan akta kelahiran atau kartu keluarga? Rasanya bukan. Apakah dengan sekedar berpelukan atau bagaimana? Sepertinya bukan dengan cara itu semua. Lalu bagaimana? Saya rasa hanya dengan melihat tingkah laku saja semua bisa dibuktikan bahwa kekeluargaan itu telah ada.

Persahabatan bisa memunculkan rasa kekeluargaan. Tapi ketika persahabatan itu baru mulai terjalin dan pada saat itu juga kita menyebutkan bahwa persahabatan itu telah membentuk sebuah rasa kekeluargaan, rasanya semua itu hanya kebohongan belaka. Ketika persahabatan baru dibina, kekeluargaan itu belum tentu sudah terbentuk. Sahabat, belum tentu keluarga. Jika persahabatan sudah lama terjalin, kemungkinan adanya kekeluargaan itu sangat besar.

Kalau kekeluargaan benar-benar sudah ada, maka hargailah dan jagalah hubungan itu sebaik-baiknya. Jangan pernah biarkan anggota keluarga kita tersakiti atau disakiti oleh orang lain. Saling menjaga agar masing-masing individu bisa berbahagia.

sumber : http://ayaelectro.wordpress.com/2008/09/06/kekeluargaan/

"0% Interest"

Teman-teman kita didepan beranda,mereka bercanda dan mengayun lembut menuju waktu yang lebih berbahagia.
Membelanjakan bentuk dan menemukan lebih banyak energi untuk membayar dan mendapatkan jarak dari lampusorot depan beranda tersebut.
Tapi kita menemukan kedamaian didalam bayangan ,cukup panjang untuk melihat monster bangkit
Permen mendapatkan tempat untuk mengisi hari-hari mimpinya,hidup tinggi dari kebohongan hari kemarin
Berbicara padaku tentang ketidaktertarikan sama sekali dan bagaimana ia dapatkan hal yang lebih baik dibandingkan pria berikutnya
Dan bagaiman cahaya lampu mengagetkan kita saat kita mulai hilang arah dan saling melihat
Dibawah jalan panjang Missouri rambutmu lebih panjang dan sekarang aku dapat mengingatnya
Katakan sekarang aku dapat mengingatnya dengan sangat baik
Oh,jalanan tidak terbebani oleh kucing yang terbakar seperti korek api basah melalui pikiran panjangku yang ajaib
Kau meninggalkan sidik jari didalamku sekarang dan untuk berbulan-bulan hanya tersapu dengan lembut
Dan bagaimanapun
Bagaimanapun ini meninggalkanku tidak berdaftar,lidahku bergulung dibalik mulutku
Lalu aku tidak dapat berbicara untuk memberitahumu tentang bulan-bulan sebelum aku bertemu denganmu

Dan jalannya,kenyataan yang mengunci kita
Oh benar tentang waktu setelah cahaya mengagetkan kita
ketika kita masih muda,ketika kita muda dan menghilang
Mengelilingi New England yang kecil dengan hidup kita,mereka berlindung dan sekarang aku dapat mengingatnya
Katakan sekarang aku mengingatnya dengan baik,hampir terlalu baik

Ini tidak lagi tentang hal itu,aku akan membawamu turun
Penggalan kecil itu adalah kesempurnaan mereka yang menyenangkanku sesaat
Ketidakperubahan ketika ini bukan awal yang sama atau penantian akhir yang lama
Kalau aku tahu semua kata-kata,aku akan menulis semua tentang diriku disini
Kalau aku adalah warna,aku akan warnai kecantikanmu didalam gambar berwarna emas,kuberitahu adik kecilku
Mengapa tak kau beritahu aku tentang matahari terbenam di swedia dan hukum dari taman firdaus
Dan bagaimana saat kau menjadi batu di Gibraltar dan bagaimana mereka memanggilmu si lincah
Itu adalah lubang lainnya dari sebuah kotak pandora,itu adalah lubang lainnya dari kotak dasi
Geser kakimu dari pedal gas sebelum kita menabrak kembali ke sebuah pertengahan
Kembali ke pertengahan,pertengahan
Ini memisahkan rumah kita dari pertengahan jalan
Berbicara tentang rumah kita
Berada di depan beranda,bercanda dan mereka berayun lembut menuju waktu yang lebih bahagia
Membelanjakan bentuk dan menemukan lebih banyak energi untuk membayar dan mendapatkan jarak dari lampusorot depan beranda tersebut.
Tapi kita menemukan kedamaian di dalam bayangan,cukup lama untuk melihat sang monster mati
Kita semua butuh untuk menemukan sedikit ruang di hari-hari bermimpi,cukup lama.
Cukup lama,hanya sepanjang ,hanya cukup lama selama ini cukup lama,apakah ini cukup lama ?
Apakah in cukup lama untukku ? cukup lama untukku berpikir
Jika ini tidak,jika ini tidak bisa maka ini tidak bisa
Dan itulah cara ini semua terjadi
***
Terjemahan dari lagu dengan judul 0% interest dari Jason Mraz.

hey delilah disana

Hei,delillah disana


Hai Delillah disana,ini seperti berada di kota New York
aku berada ribuan mil jauhnya tapi kau terlihat begitu cantiknya
ya,kau melakukannya.. times square bersinar sama denganmu
aku bersumpah ini benar

hei delillah disana
jangan khawatirkan jarak
aku ada disana jika kau merasa sendiri
tuk berikan lagu ini yang orang lain dengar,tutup matamu
dengarkan suaraku dan tersenyumlah ke langit,aku ada disampingmu
oh,apa yang kau lakukan padaku ?

hei delillah disana,aku tahu waktu sekarang semakin sulit saja tetapi percayalah padaku
suatu hari aku akan membayar tagihan dengan gitar ini
kita akan membuat semuanya baik
kita akan memiliki kehidupan,kita tahu itu
kata-kataku benar

hei,delillah disana
aku punya banyak kata untuk diucapkan jika setiap lagu sederhana
yang kutuliskan untukmu mambuatmu menyukainya,aku bangga
walau lebih dariku kamu akan terjatuh,dengan memiliki ini semua
oh,apa yang kaulakukan padaku ?

ribuan mil terlihat jauh tetapi mereka memilki pesawat dan kereta dan mobil
atau berjalan kaki menujumu jika tidak ada jalan lainnya
teman-teman kita akan bertelepon dan kita akan tertawa berkepanjangan karena kita tahu bahwa tidak ada satupun dari mereka yang merasakan seperti ini
delillah aku dapat menjajikan padamu melalui waktu yang kita tempuh
dunia tidak akan pernah sama dan itu salahmu

hei delillah,kau akan baik-baik saja dan jangan merindukanku berlebihan
kau akan menyelesaikan pendidikan dan aku akan membuat sejarah seperti yang sedang aku lakuakn
kau tahu ini semua karena dirimu,kita bisa melakukan apapun yang kita mau
hei,delillah ini untukmu

apa yang kau lakukan padaku ?

terjemahan dari lagu Hey,there delillah oleh Plain white T's

GENERASI KOMPUTER

Komputer pertama yang menggunakan komponen elektronika adalah ENIAC yang dibuat oleh Eckerct dan Mauchly.

Tetapi komponen yang digunakan tersebut tidak sama dengan komponen-komponen yang digunakan pada komputer sekarang ini.

Dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik,begitu juga halnya dengan penemuan peralatan computer.Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari computer-komputer tersebut kita bisa membagi perkembangan computer dalam beberapa generasi.Ada yang membagi atas 3 generasi,ada yang atas 4 generasi,sampai saat ini.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Komputer dengan komponen elektronika dengan vacuum tube atau tabung hampa kita sebut sebagai permulaan dari generasi computer.

Peralatan-peralatan jenis ini masih dalam ukuran yang sangat besar sehingga memerlukan ruangan atau tempat yang luas.Sifat dari komponen ini banyak mengeluarkan panas,sehingga memaksa orang untuk menyediakan alat pendingin ( AC ) yang banyak.Proses dan kapasitas dari computer ini juga masih kecil dan sangat terbatas sekali.Contoh computer generasi pertama ini adalah IBM-650.Di samping IBM ,pabrik-pabrik computer lainnya juga sudah mulai memproduksi computer ini seperti UNIVAC,RCA,BURROUGHS,HONEYWELL,dll.

KOMPUTER GENERASI KEDUA
Sejak ditemukannya “Transistor”,maka orang mulai menggantikan peranan tabung hampa tersebut dengan transistor.Jika disbanding dengan tabung hampa maka peralatan transistor ini jauh lebih kecil,sehingga computer yang menggunakan alat ini jauh lebih kecil ukuran fisiknya.Disamping ukuran yang semakin kecil,ciri-ciri lain dari jenis computer generasi kedua ini adalah : kecepatan yang semakin tinggi dalam melakukan pengolahan data,tidak banyak panas dan kapasitas memori yang semakin besar.Komputer generasi ini juga sudah mengenal Teleproccessing yaitu proses data jauh antara satu computer dengan computer lainnya.Contoh computer generasi kedua adalah IBM Model 1620,IBM 1401 dll.

KOMPUTER GENERASI KETIGA
Kemajuan teknologi elektronika terus berkembang hingga orang bisa menemukan suatu komponen computer yang sangat kecil ukurannya yaitu berupa Solid Logic Technology dan Monolithic Intergrated Circuit.Dengan menggunakan komponen ini ukuran computer juga semakin kecil,kapasitas memori menjadi sangat besar dan proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Selain perkembangan dalam peralatan-peralatan computer,perkembangan dukungan atas computer semakin maju.Orang telah bisa membuat suatu system yang memungkinkan computer bisa dilakukan lebih dari satu macam dalam saat yang bersamaan (multi-programming ).Contoh computer generasi ketiga adalah IBM S/370 yang digunakan oleh PEMDA DKI,UNIVAC 1106 yang dipakai oleh HANKAM dan DEP.KEU. Saat ini orang telah menemukan peralatan Semi Conductor dan Intergrated Circuit ( IC ) yang digunakan pada memori dalam mesin computer.Tetapi perkembangan ini tidak sejauh perkembangan yang dialami computer generasi pertama,kedua dan ketiga.Namun rupanya ada perbedaan pendapat diantara para ahli mengenai generasi computer ini.

Menurut G.L. Simons1,prototype computer generasi kelima ditargetkan dibuat pada tahun 1991.Lepas dari berhasil tidaknya niat itu,satu hal sudahlah nyata.Paling sedikit dalam perhitungan Simons itu,kita telah mengenal adanya empat generasi computer dan bermodalkan keempat generasi itu,para ahli merencanakan computer generasi kelima yang jauh lebih ampuh lagi.

Ternyata tidak semua orang sependapat denga Simons bahwa kini kita telah memiliki empat generasi computer.Ada yang beranggapan bahwa kita baru mengalami tiga generasi computer.Sebaliknya ada pula orang yang beranggapan bahwa kita sudah mengalami lima generasi computer.

EMPAT GENERASI
Tanpa menyebut tahunnya,Simons menunjukkan bahw computer generasi pertama dibuat dengan tabung elektronika (misalnya EDSAC dan Colossus).Komputer generasi kedua dibuat dengan Transistor (misalnya IBM 1401 an NCR 360 dan ICL 1900).Komputer generasi keempat dibuat dengan rangkaian terpadu bertingakat tinggi (misalnya IBM 3801 dan Fujitsu M380 )

Sejarah computer dengan empat generasi ini ditunjang oleh beberapa ilmuwan lain,sekalipun tahun mulai dari setiap generasi belum tentu sama bagi para ilmuwan itu.Martin M Lipschutz dan Seymour Lipschutz2 mengemukakan bahwa computer generasi pertama berlangsung pada tahun 1946 sampai 1959,computer generasi kedua pada tahun 1959 sampai 1965,computer generasi ketiga pada tahun 1965 sampai 1970 dan computer generasi keempat pada tahun 1970 sampai sekarang.




Empat generasi computer ini ditunjang pula oleh Sperrey Univac3.Perbedaan hanya terletak pada bentangan tahun dari setiap generasi itu.Menurut Sperry Univac,generasi pertama berlangsung dari tahun 1951 sampai 1959,generasi kedua dari 1959 sampai 1964,generasi ketiga dari 1964 sampai 1974 dan generasi keempat dari 1974 sampai sekarang.

Marvin R Gore dan John W Stubbe4 juga berpendapat bahwa sejarah computer terdiri atas empat generasi.Namun mereka memiliki bentangan tahun tertentu untuk setiap generasi itu.Generasi pertama berlangsung dari tahun 1950 sampai 1959,generasi kedua dari tahun 1959 sampai 1964,generasi ketiga dari tahun 1964 sampai 1979 dan generasi keempat dari tahun 1979 sampai sekarang.

Sejarah generasi computer itu juga disokong oleh Elias M Awad5.Namun,menurut Awad,bentangan tahun untuk setiap generasi computer adalah lain lagi.Generasi pertama membentang dari awal sampai tahun 1959,generasi kedua dari tahun 1959 sampai 1965,generasi ketiga dari tahun 1965 sampai 1971 dan generasi keempat dari tahun 1971 sampai sekarang.

TIGA GENERASI
Tidak semua orang mempunyai pendapat seperti itu.Ada sejumlah orang yang berpendapat bahwa kita baru mengenal tiga generasi computer.Di dalam dua buku yang ditulis oleh Donald H Sanders6,7 ,kita menemukan tiga generasi computer.Generasi pertama membentang dari tahun 1945 sampai tahun 1959,generasi kedua dari tahun 1959/1960 sampai 1964 dan generasi ketiga dari tahun 1964.

James A Senn8 juga berpendapat serupa dengan itu.Baginya,bentangan waktu untuk setiap generasi bersamaan dengan bentangan waktu susunan Sanders.Generasi pertama memebentang dari awal sampai tahun 1960,generasi kedua dari tahun 1960 sampai 1964 dan generasi ketiga dari tahun 1964 sampai sekarang.




Pembagian yang sama kita dapatkan pula dari John P Hayes.Namun bagi Hayes,bentang waktu untuk setiap generasi berbeda dengan yang dikemukakan oleh Sanders dan Senn.Menurut Hayes, generasi pertama membentang dari tahun 1946 sampai 1954,generasi kedua dari tahun 1955 sampai 1964 dan gerakan ketiga dari tahun 1964 sampai sekarang.

Di samping versi tiga generasi masih ada pendapat yang mengemukakan bahwa kita mengenal lebih dari tiga generasi computer.Anthony Ralston10 mengemukakan generasi ketiga emudian.Menurut Ralston,generasi pertama memebentang dari awal tahun,generasi kedua dari 1959 sampai 1964,generasi ketiga dari 1964 sampai 1969 dan generasi ketiga kemudian dari tahun 1969 sampai sekarang.

LIMA GENERASI
Ternyata tidak semua orang berpendapat demikian.Ada orang yang berpendapat bahwa generasi computer bukan hanya empat atau tiga,mereka mengatakan bahwa kini kita sudah mengelami lima generasi computer.Daniel P Siewiorek,C Gordon Bell dan Allen Newell11 misalnya,beranggapan bahwa kita telah memiliki lima generasi computer sehingga kini kita sedang menjurus ke generasi keenam.

Menurut ketiga orang ini,bentang generasi computer berawal pada tahun 1945.Generasi pertama dari tahun 1945 sampai 1958,generasi kedua dari tahun 1958 sampai 1966,generasi ketiga dari tahun 1966 sampai 1972,generasi keempat dari tahun 1972 sampai tahun 1978 dan generasi kelima dari tahun 1978 sampai sekarang.

Saburo Matsuo12 mempunyai pendapat yang agak lain.Pada pembabakan generasi computer,Matsuo memasukkan generasi 3,5.Bagi Matsuo,generasi pertama membentang dari tahun 1946 sampai 1957,generasi kedua dari tahun 1957 sampai 1964,generasi ketiga dimulai pada tahun 1964.Tanpa menyebut tahunnya,Matsuo mengemukakan adanya generasi ketiga setengah dan keempat.









Munculnya generasi aneh berupa generasi ketiga setengah ini tentunya disesuaikan dengan pengumuman Jepang untuk menciptakan computer generasi kelima.Dengan demikian,generasi sebelumnya perlu berjumlah empat saja dan bersama itu Matsuo mengemukakan generasi ketiga setengah.

Tampak pada uraian ini bahwa generasi computer bukanlah suatu kronologi yang telahdisepakati.Sekalipun semuanya berpatokan kepada perkembangan sarana keras computer,pembabakan generasi computer dapat saja berbeda untuk ilmuwan berbeda.Dan sebagai orang yang juga berkecimpung di bidang computer,hendaknya kita juga mengetahui hal itu.

catatan Laila

Dan malam demi malam bayangan dia selalu ada.Bernyanyi dan memainkan gitar di samping ku.Kadang aku tidur dipangkuannya.Pria tampan dengan kemeja kotak-kotak,rambut panjang tergerai sebahu,kacamata yang tergantung kokoh dihidung mancungnya.Suara serak.
Bersenandung lagu kehidupan sepanjang hari.Mencari-cari dimana kami seharusanya berada dan tidak peduli mengapa kami harus seperti ini.Memetik gitarnya dan sesekali memainkan rambut.
Pria itu ada dalam bayanganku atau kadang-kadang pria dengan rambut pendek yang mulai gondrong,kadang dengan sebuah fedora.
Kami bersama-sama sepanjang hari.Dijembatan penuh sinar senja.
Aku lebih sering membayangakan diri sebagai wanita yang penuh pengertian dengan membawakan keranjang piknik untuknya.
Setiap hari bermimpi.
Setiap hari menunggu.
Setiap hari menengadahkan wajah kelangit.
Dan setiap detik yang dilalui untuk si kemeja kotak-kotak itu sungguh pantas dilewati.

Mungkin itu saat-saat dimana aku merasa jatuh cinta pada seorang pria.Mungkin itu saat-saat ayah paling sering memarahiku karena tidak pernah selesai mengerjakan pekerjaan rumah,melamun sepanjang mengerjakan tugas dan memecahkan dua buah gelas dalam satu minggu.Pria yang memebuatku mabuk kepayang itu padahal belum pernah kutemui.Dan itulah mengapa juga teman-teman sekolahku sering mengatakan bahwa aku sekarang lebih sering tidak berkonsentrasi pada pelajaran.
Aneh dan menyenangkan.
Itu rasanya,jika kau mau tahu.
Perasaaan pertama yang pernah kurasakan seumur hidup.
Aku menghabiskan malam menulis dan membayangkan sekarang dia tiba-tiba mengetuk jendela kamarku,membawa sebuah gitar,yah,lagi-lagi gitar.
Menyanyikan nina bobo.
Mungkin memang akan terasa lebih membuat terhanyut jika dia memainkan nina bobo dengen sebuah piano tapi dia pasti akan sangat keberatan membawa sebuah piano ke atas jendela kamarku.
Terkikik sendiri dan merasa bodoh di akhir lamunan.



- Catatan Laila,27 September 2001 -

Python dan Ruby

Ini adalah beberapa perbedaan pada bahasa pemrograman Ruby dan Python
Tidak seperti di Python, di Ruby…

•String dapat diubah isinya (mutable.)
•Anda dapat membuat konstanta (variabel yang nilainya tidak akan diubah).
•Ada aturan penamaan (misalnya: nama kelas diawali dengan huruf kapital, nama variabel lokal diawali dengan huruf kecil).
•Hanya ada satu jenis tipe kontainer yang berisi daftar data, yaitu Array. Array bersifat mutable yaitu dapat diubah-ubah.
•Interpolasi string didukung menggunakan sintaks petik ganda. Interpolasi yang didukung adalah escape sequence (misalnya \t untuk tab) dan substitusi ekspresi: "Selamat Datang, #{nama}!" akan menghasilkan string yang juga disisipkan isi variabel nama. Di Ruby, string berpetik tunggal (misalnya: 'halo semua') berfungsi persis seperti raw string di Python (tanpa interpolasi.)
•Tidak ada kelas “new style” dan “old style”. Cuma ada satu macam kelas.
•Anda tidak akan pernah langsung mengakses atribut. Di Ruby, semua menggunakan pemanggilan metode. Cara praktisnya adalah dengan menggunakan attr_reader, attr_writer, maupun attr_accessor.
•Buka dan tutup kurung untuk pemanggilan metode biasanya dihilangkan (opsional / boleh dipakai boleh juga tidak).
•Ada public, private, dan protected untuk mengatur akses ke instance member, yang biasanya di Python diakali menggunakan aturan penamaan _seperti_ __ini__.
•Menggunakan “mixin”, bukan multiple inheritance.
•Anda bisa “membuka” sebuah kelas kapan saja untuk mengubah atau menambahkan metode-metode ke kelas tersebut.
•Ruby menggunakan true, false, dan nil, sedangkan Python menggunakan True dan False, dan None.
•Kalau dites logika untuk true, hanya false dan nil yang dianggap bernilai false. Semua nilai lain dianggap true (termasuk 0, 0.0, "", dan []).
•Menggunakan elsif sebagai ganti elif.
•Menggunakan require sebagai ganti import. Cara penggunaannya sama.
•Penggunaan komentar biasanya di atas yang ingin didokumentasikan (jadi bukan di bawahnya.) Biasa digunakan untuk menghasilkan dokumentasi secara otomatis dari source code.
•Ada banyak shortcut yang bisa dapat Anda pelajari untuk melakukan hal-hal yang sering digunakan dengan lebih cepat. Shortcut tersebut membuat Ruby menyenangkan (fun!) dan membuat Anda sangat produktif.

Dan yang berikut ini adalah perbedaan dalam penulisan program yang sangat sederhana yaitu untuk mencari hasil penjumlahan melalui input pada keyboard.Dapat diamati dalam perbedaan perintahnya :
Pada Python
import sys
a = sys.stdin.readline()
b = sys.stdin.readline()
c = int(a) + int(b)
print c

Anda dapat menuliskan program tersebut di Ruby sebagai berikut:

a = gets.to_i
b = gets.to_i
c = a + b
puts c

surat untukmu

Kepada kamu,
Dengan penuh kebencian.

Aku benci jatuh cinta. Aku benci merasa senang bertemu lagi dengan kamu, tersenyum malu-malu,
dan menebak-nebak, selalu menebak-nebak.
Aku benci deg-degan menunggu kamu online.
Dan di saat kamu muncul, aku akan tiduran tengkurap, bantal di bawah dagu,
lalu berpikir, tersenyum, dan berusaha mencari kalimat-kalimat lucu agar kamu, di seberang sana, bisa tertawa.
Karena, kata orang, cara mudah membuat orang suka denganmu adalah dengan membuatnya tertawa. Mudah-mudahan itu benar.

Aku benci terkejut melihat SMS kamu nongol di inbox-ku
dan aku benci kenapa aku harus memakan waktu begitu lama untuk membalasnya,
menghapusnya, memikirkan kata demi kata.
Aku benci ketika jatuh cinta, semua detail yang aku ucapkan, katakan, kirimkan, tuliskan ke kamu menjadi penting,
seolah-olah harus tanpa cacat, atau aku bisa jadi kehilangan kamu.
Aku benci harus berada dalam posisi seperti itu.
Tapi, aku tidak bisa menawar, ya?

Aku benci harus menerjemahkan isyarat-isyarat kamu itu.
Apakah pertanyaan kamu itu sekadar pancingan
atau retorika atau pertanyaan biasa yang aku salah artikan dengan penuh percaya diri?
Apakah kepalamu yang kamu senderkan di bahuku kemarin hanya gesture biasa, atau ada maksud lain,
atau aku yang-sekali lagi-salah mengartikan dengan penuh percaya diri?

Aku benci harus memikirkan kamu sebelum tidur dan merasakan sesuatu yang bergerak dari dalam dada,
menjalar ke sekujur tubuh, dan aku merasa pasrah, gelisah.
Aku benci untuk berpikir aku bisa begini terus semalaman, tanpa harus tidur.
Cukup begini saja.

Aku benci ketika kamu menempelkan kepalamu ke sisi kepalaku,
saat kamu mencoba untuk melihat sesuatu di handycam yang sedang aku pegang.
Oh, aku benci kenapa ketika kepala kita bersentuhan, aku tidak bernapas, aku merasa canggung, aku ingin berlari jauh.
Aku benci aku harus sadar atas semua kecanggungan itu…, tapi tidak bisa melakukan apa-apa.

Aku benci ketika logika aku bersuara dan mengingatkan,
“Hey! Ini hanya ketertarikan fisik semata, pada akhirnya kamu akan tahu,
kalian berdua tidak punya anything in common,” harus dimentahkan oleh hati yang berkata,
“Jangan hiraukan logikamu.”

Aku benci harus mencari-cari kesalahan kecil yang ada di dalam diri kamu.
Kesalahan yang secara desperate aku cari dengan paksa karena aku benci untuk tahu bahwa kamu bisa saja sempurna,
kamu bisa saja tanpa cela, dan aku, bisa saja benar-benar jatuh hati kepadamu.

Aku benci jatuh cinta, terutama kepada kamu. Demi Tuhan, aku benci jatuh cinta kepada kamu.

aku takut sendirian.



*Tulisan ini terdapat dalam buku Kepada Cinta (Gagasmedia, 2009), buku kumpulan surat cinta dari berbagai macam penulis. Ditulis oleh Raditya Dika

kewajiban manusia

Adakalanya seseoarng dalam perjalanan hidupnya merasa bahwa mereka terlalu banyak menaggung sebuah tugas atau kewajiban.Adakalanya seseorang merasa begitu letih dalam melakukan sesuatu karena apa yang mereka lakukan itu hanya berdasarkan karena keharusan melakukannya bukan karena hal itu memang mereka inginkan.

Semua itu disebut tekanan,disaat semua hal terasa sangat menyiksa untuk dilakukan dan hanya menuntut sebuah penyelesaian.Padahal kewjiban itu sendiri Wlupun bersifat memaksa tetapi bukan seharusnya dijadikan momok dalam melaksanakannya.Pada hakekatnya ,setiap individu memiliki kewajiban sendiri-sendiri dalam kadar yang berbeda-beda.Bahkan seorang anak kecil juga memiliki tanggung jawab dan kewajibannya sendiri.

Hal ini sebenarnya sudah ditanamkan dan menjadi kebiasaan yang baik apabila diberikan pemahaman yang baik tentang mneyikapi kewajiban itu sendiri.Sebuah tanggung jawab datang dari sebuah rasa sadar akan kewajiban.Saat sebuah tugas berakhir dengan tida sesuai dengan apa yang diinginkan maka disitulah letak kewajiban berikutnya untuk membuat hasil berikutnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dalam dunia ini selalu ada keseimbangan dala m semua hal termasuk dalam penerapan kewajiban.jika sebuah kewajiban sudah berhasil dipenuhi maka ada hak yang juga harus dituntaskan.Seseorang yang mendapatkan hak-nya adalah orang yang harusnya menyelesaikan kewajibannya terlebih dahulu.Sebuah hak yang akan didapat seseorang adalah mutlak hal yang sudahharus didapatnya.

Itulah buah dari sebuah pengabdian jika kita benar-benar melakukannya dengan sungguh-sungguh maka akan selalu ada balasan dari setiap hal yang kita hasilkan dan kita lakukan.Sebuah pengabdian yang dilakukan adalah wujud eksistensi dari sebuah kehidupan yang dasarnya juga adalah pengabdian yaitu kepaa Tuhan.Sebagai makhluk beragama maka sudah seharusnya melakukan suatu hal yang baik secara sungguh-sungguh dan kewajiban adalah suatu hal yang baik karena itu harus dipenuhi agar nantinya hak didapat pada akhirnya memang benar-benar patut untuk didapatkan.

arti sebuah keindahan

Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya.
Keidahan identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah.

Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Keindahan adalah sebuah bentuk abstrak yang dapat dinikmati yang juga disukai.Sebuah sifat dimana semua orang menerapkannya pada hampir setiap hal yang mereka inginkan karena sebuahh keindahan jika di aplikasikan dalam suatu hal maka ada sebuah energi yang ikut terpancar dan tersalurkan dengan baik darinya.
Walaupun demikian,sifat indah adalah suatu hal yang relatif.Pendefinisian keindaha akan berbeda dari setiap individu.

Pemaknaan kata indah akan memberikan parameter yang berdasarkan dari sebuah selera pribadi dan tidak bisa disamaratakan.Akan tetapi semua sepakat bahwa keindahan adalah sifat yang dinikmati oleh semua orang.

Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan
dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran.

Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan
seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

http://massofa.wordpress.com

kegelisahan hidup

Dalam setiap permasalahan hidup pasti selalu ada tempat bagi sebuah rasa gelisah.gelisah adalah perasaan dimana tanda bahwa terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.manusia diberi apa yang dinamakan firasat dan biasanya rasa gelisah adalah yang paling mendominasi dari sebuah firasat terutama firasat yang tidak baik.
Masalh kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena pa yang diinginkan tidak tercapai. Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan
(obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
Kecemasan obyektif adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam utnuk mencelakakannya.
Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadia takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan..
Kecemasan neorotis timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi tiga macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional (phobia) dan rasa takut lain karena gugup, gagap dan sebagainya.
Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar. Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

Obat dari kegelisahan itu sendiri adalah berpikir positif dalam segala hal dan dimana memang bukan hal yang mudah.Sudah menjadi kebiasaan untuk selalu melihat sisi yang tidak mengenakkan lebih dulu padahal hal tersebut malah akan menambah kecemasan akan suatu hal dan tidak mnyelesaikan masalah yang ada sama sekali.

Cobalah untuk selalu memulai meikirkan maslah dengan cara yang baik yait denganmengambil sisi baik dan mempertimbangkan hal yang mungkin saja terjadi dengan cara yang positif maka mungkin saja akan dapat meredam sebuah kegelisahan.

Percayalah bahwa kegelisahan itu sendiri adalah hal yang tidak beralasan untuk terjadi saat semua pikiran mengarah pada hal yang baik.

tanggungjawab dalam kehidupan

Tanggung jawab adalah hal yang mendasar bagi setiap manusia dan hal ini adalah suatu hal yang setiap orang memilikinya.Ada konsekuensi dibalik tanggung jawab itu sendiri dan seseorang yang memilki kemampuan yang besar maka ia akan mengmban tanggung jawab yang besar pula.

Wujud tanggungjawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pegorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas.

Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggungjaab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencapai kebutuhan, hal itu berarti mengabdi keapada keluarga. Manusia tidak ada dengan sendirinya, tetapi merupakan mahluk ciptaan Tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan manusia wajib mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada uhan, dan merupakan perwujudan tanggungjawab kepad Tuhan.

Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarati pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung keikhalasan yangtidak menganadung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Perbedaan antara pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Antara sesame kawan sulit dikatakan pengabdian karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatannya, tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman..

Jumat, 28 Mei 2010

Tiga cara alami mengempeskan jerawat.

Jerawat adalah momok yang seringkali membuat orang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri terutama saat jerawat tersebut membengkak dan mulai memerah.Ada banyak cara singkat dan tips-tips mudah yang beredar dan berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat dicoba dalam membuat sebuah jerawat kempes seperti dikutip dari Shineyahoo berikut ini :

1. Aspirin

Aspirin bukan hanya bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit, tetapi juga mencegah jerawat menjadi parah.
Caranya : Ambil satu butir aspirin, hancurkan hingga halus kemudian basahi sedikit dengan air hingga kental. Tampelkan cairan kental aspirin pada jerawat selama beberapa menit, hingga kering kemudian bersihkan dengan air. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan meredakan rasa sakitnya.

2. Minyak zaitun


Buatlah ramuan dengan mencampurkan 4 sendok makan garam dan 3 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah menggunakan kuas atau jari-jari Anda. Biarkan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun.
Lakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu. Anda akan melihat perubahan nyata pada kulit wajah. Garam bisa membersihkan pori-pori dengan dengan eksfoliasi, kandungan mineralnya membuat kulit lebih sehat dan minyak zaitun bisa mengembalikan kelembaban alami kulit.

3. Pasta gigi


Anda harus menghadiri acara resmi esok hari, sementara jerawat terlihat menonjol. Gunakan pasta gigi pada malam hari dan biarkan kering hingga pagi hari. Pasta gigi membuat jerawat cepat kering dan menyerap minyak. Tetapi, sebaiknya cara ini tidak dilakukan jika kulit termasuk sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi. (umi)

semantik atau makna kata

Yang dimaksud oleh Aristoteles dengan makna otonom yang ada pada sebuah kata danperbedaannya dengan makna yang hadir sebagai akibat proses gramatikal adalah makna yang hadir dari kata itu sendiri secara otonom maksudnya disebut dengan makna leksikal. Makna leksikal itu berkenaan dengan makna leksem atau kata yang sesuai dengan referennya (yang umumnya ada dalam kamus), sedangkan makna yang hadir sebagai proses gramatikal disebut makna gramatikal. Makna gramatikal adalah makna yang hadir sebagai akibat adanya proses gramatika seperti proses afiksasi, proses reduplikasi , dan proses komposisi. Afiksasi adalah proses memberikan awalan pada sebuah kata.

Contoh: ter- pada kata bawa (tidak tidak sengaja terbawa) Reduplikasi adalah untuk menyatakan makna jamak, sebuah buku menjadi banyak buku (artinya lebih dari satu buku) proses komposisi contohnya sate ayam dan sate madura. Sate ayam menyatakan asal bahan, sedangkan sate madura menyatakan asal tempat.
Ferdinan de sausure berpendapat bahwa studi linguistik harus difokuskan pada keberadaan bahasa itu pada waktu tertentu. Pendekatannya harus sinkronis dan studinya harus deskriptif. Akibat pandangannya tersebut, maka dalam studi semantik selanjutnya kajian semantik berciri:

a). Pandangan yang bersifat historis tel;ah ditinggalkan karena pendekatannya sinkronis, walau masalah perubahan makna masih juga dibicarakan.

b). Studi kosa kata sangat mendapat perhatian.
Des sausure juga mengajukan konsep signe untuk menunjukan gabungan signifie atau “yang dijelaskan” dan signifiant (yang menjelaskan). Signifie (yang dijelaskan) tidak lain dari makna atau konsep dari signifiant (yang menjelaskan), wujudnya berupa bunyi-bunyi bahasa. Signifie dan signifiant sebagai signe lingistique merupakan satu kesatuan yang merujuk kepada satu referen, yaitu sesuatu berupa benda atau hal yang berada diluar bahasa. Konsep de sausure mengenai signe linguistique ini sampai saat ini masih menguasa dunia linguistik.

Sirkumlokasi yakni penjelasan pada arti kata dalam kamus yang penjelasannya belum jelas, karena penjelasannya berkaitan dengan kata baru yang maknanya sama dengan kata sebelumnya, atau dengan kata lain penjelasannya hanya berputar-putar.
Contoh: kata “kucing” diartikan sebagai binatang yang rupanya sebagai harimau kecil, sedangkan kata “harimau” diartikan sebagai binatang buas yang rupanya sebagai kucing besar. Bila kucing itu merupakan harimau kecil dan merupakan kucing besar, maka kata kucing dan harimau tetap belum jelas.

Nominal dan verbal


Kalimat verbal merupakan kalimat yang dibentuk dari klausa verbal, atau kalimat yang predikatnya berupa kata atau frase yang berkategori verba. Sedangkan kalimat yang predikatnya bukan kata atau frase verbal disebut nonverbal. Kalimat nominal termasuk kalimat nonverbal karena tersusun dari kata-kata benda. Jadi, verba dan nominal dikategorikan kata penuh atau kata yang secara l;eksikal memiliki makna, mempunyai kemungkinan mengalami proses morfologi dan dapat berdiri sendiri sebagai sebuah satuan tuturan.

Kurikulum dalam pendidikan

A. Kerangka Dasar Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan hasil belajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dan tujuan pendidikan. Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah berdasarkan ruang lingkupnya terdiri atas:

1.Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
Dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.

4. Kelompok mata pelajaran estetika
Dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.

5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olaharaga, dan kesehatan
Dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.



B. Struktur Kurikulum

Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah mencakup struktur kurikulum pendidikan umum, struktur kurikulum pendidikan kejuruan dan struktur kurikulum pendidikan khusus.

1. Struktur Kurikulum Pendidikan Umum
• Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI
• Struktur Kurikulum SMP/MTs
Struktur kurikulum SMP/MTs meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX.
• Struktur Kurikulum SMA/MA
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII.

2. Struktur Kurikulum Pendidikan Kejuruan
Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Mata pelajaran Dasar Kejuruan terdiri atas beberapa mata pelajaran yang bertujuan untuk menunjang pembentukan kompetensi kejuruan dan pengembangan kemampuan menyesuaikan diri dalam bidang keahliannya. Agar dapat bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian dan keterampilan, mereka harus memiliki stamina yang tinggi, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, serta memiliki kemampuan mengembangkan diri.

3. Struktur Kurikulum Pendidikan Khusus
Kurikulum Pendidikan Khusus terdiri atas 8 sampai dengan 10 mata pelajaran, muatan lokal, program khusus, dan pengembangan diri. Program khusus berisi kegiatan yang bervariasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya, yaitu program orientasi dan mobilitas untuk peserta didik tunanetra, bina komunikasi untuk peserta didik tunarungu, bina diri untuk peserta didik tunagrahita dan tunadaksa, dan bina pribadi untuk peserta didik tunalaras.

Kupu - kupu

Ini adalah cerita pendek kutipan dari seseorang bernama Baso Bisri.

***

Suatu ketika, terdapat seorang pemuda di tepian telaga. Ia tampak termenung. Tatapan matanya kosong, menatap hamparan air di depannya. Seluruh penjuru mata angin telah di lewatinya, namun tak ada satupun titik yang membuatnya puas. Kekosongan makin senyap, sampai ada suara yang menyapanya. Ada orang lain disana.”Sedang apa kau disini anak muda?” tanya seseorang. Rupanya ada seorang kakek tua. “Apa yang kau risaukan..?” Anak muda itu menoleh ke samping, “Aku lelah Pak tua. Telah berkilo-kilo jarak yang kutempuh untuk mencari kebahagiaan, namun tak juga kutemukan rasa itu dalam diriku. Aku telah berlari melewati gunung dan lembah, tapi tak ada tanda kebahagiaan yang hadir dalam diriku. Kemana kah aku harus mencarinya? Apakah akan kutemukan rasa itu?”Kakek Tua duduk semakin dekat, mendengarkan dengan penuh perhatian. Di pandangnya wajah lelah di depannya. Lalu, ia mulai bicara, “di depan sana, ada sebuah taman. Jika kamu ingin jawaban dari pertanyaanmu, tangkaplah seekor kupu-kupu buatku. Mereka berpandangan. “Ya…tangkaplah seekor kupu-kupu buatku dengan tanganmu” sang Kakek mengulang kalimatnya lagi.

Perlahan pemuda itu bangkit. Langkahnya menuju satu arah, taman. Tak berapa lama, dijumpainya taman itu. Taman yang yang semarak dengan pohon dan bunga-bunga yang bermekaran. Tak heran, banyak kupu-kupu yang berterbangan disana. Sang kakek, melihat dari kejauhan, memperhatikan tingkah yang diperbuat pemuda yang sedang gelisah itu.

Anak muda itu mulai bergerak. Dengan mengendap-endap, ditujunya sebuah sasaran. Perlahan. Namun, Hap! sasaran itu luput. Di kejarnya kupu-kupu itu ke arah lain. Ia tak mau kehilangan buruan. Namun lagi-lagi. Hap!. Ia gagal. Ia mulai berlari tak beraturan. Diterjangnya sana-sini. Ditabraknya rerumputan dan tanaman untuk mendapatkan kupu-kupu itu. Diterobosnya semak dan perdu di sana. Gerakannya semakin liar.

Adegan itu terus berlangsung, namun belum ada satu kupu-kupu yang dapat ditangkap. Sang pemuda mulai kelelahan. Nafasnya memburu, dadanya bergerak naik-turun dengan cepat. Sampai akhirnya ada teriakan, “Hentikan dulu anak muda. Istirahatlah. ” Tampak sang Kakek yang berjalan perlahan. Tapi lihatlah, ada sekumpulan kupu-kupu yang berterbangan di sisi kanan-kiri kakek itu. Mereka terbang berkeliling, sesekali hinggap di tubuh tua itu.

“Begitukah caramu mengejar kebahagiaan? Berlari dan menerjang? Menabrak-nabrak tak tentu arah, menerobos tanpa peduli apa yang kau rusak?” Sang Kakek menatap pemuda itu. “Nak, mencari kebahagiaan itu seperti menangkap kupu-kupu. Semakin kau terjang, semakin ia akan menghindar. Semakin kau buru, semakin pula ia pergi dari dirimu.”
“Namun, tangkaplah kupu-kupu itu dalam hatimu. Karena kebahagiaan itu bukan benda yang dapat kau genggam, atau sesuatu yang dapat kau simpan. Carilah kebahagiaan itu dalam hatimu. Telusuri rasa itu dalam kalbumu. Ia tak akan lari kemana-mana. Bahkan, tanpa kau sadari kebahagiaan itu sering datang sendiri.”
Kakek Tua itu mengangkat tangannya. Hap, tiba-tiba, tampak seekor kupu-kupu yang hinggap di ujung jari. Terlihat kepak-kepak sayap kupu-kupu itu, memancarkan keindahan ciptaan Tuhan. Pesonanya begitu mengagumkan, kelopak sayap yang mengalun perlahan, layaknya kebahagiaan yang hadir dalam hati. Warnanya begitu indah, seindah kebahagiaan bagi mereka yang mampu menyelaminya.

***

Teman, mencari kebahagiaan adalah layaknya menangkap kupu-kupu. Sulit, bagi mereka yang terlalu bernafsu, namun mudah, bagi mereka yang tahu apa yang mereka cari. Kita mungkin dapat mencarinya dengan menerjang sana-sini, menabrak sana-sini, atau menerobos sana-sini untuk mendapatkannya. Kita dapat saja mengejarnya dengan berlari kencang, ke seluruh penjuru arah. Kita pun dapat meraihnya dengan bernafsu, seperti menangkap buruan yang dapat kita santap setelah mendapatkannya.
Namun kita belajar. Kita belajar bahwa kebahagiaan tak bisa di dapat dengan cara-cara seperti itu. Kita belajar bahwa bahagia bukanlah sesuatu yang dapat di genggam atau benda yang dapat disimpan. Bahagia adalah udara, dan kebahagiaan adalah aroma dari udara itu. Kita belajar bahwa bahagia itu memang ada dalam hati. Semakin kita mengejarnya, semakin pula kebahagiaan itu akan pergi dari kita. Semakin kita berusaha meraihnya, semakin pula kebahagiaan itu akan menjauh.
Teman, cobalah temukan kebahagiaan itu dalam hatimu. Biarkanlah rasa itu menetap, dan abadi dalam hati kita. Temukanlah kebahagiaan itu dalam setiap langkah yang kita lakukan. Dalam bekerja, dalam belajar, dalam menjalani hidup kita. Dalam sedih, dalam gembira, dalam sunyi dan dalam riuh. Temukanlah bahagia itu, dengan perlahan, dalam tenang, dalam ketulusan hati kita.
Saya percaya, bahagia itu ada dimana-mana. Rasa itu ada di sekitar kita. Bahkan mungkin, bahagia itu “hinggap” di hati kita, namun kita tak pernah
memperdulikannya. Mungkin juga, bahagia itu berterbangan di sekeliling kita,
namun kita terlalu acuh untuk menikmatinya.

Kamis, 27 Mei 2010

KONSELING EKSISTENSIAL

Pertemuan manusiawi sebagai wadah konseling eksistensial.
Apabila kita ingin memahami apakah sebenarnya konseling itu, maka berdasarkan metode Fenomenologi, kita akan melihatnya sebagai PERTEMUAN MANUSIAWI (Human encounter). Apakah sesungguhnya pertemuan manusiawi itu? Suatu pertemuan manusiawi yang auntentik selalu mengandung arti bahwa saya, sekurang – kurangnya selama beberapa saat HADIR SECARA TOTAL pada SEORANG. Jadi pertemuan manusiawi mengandung arti bahwa saya mengambil bagian dalam eksistensi orang lain itu, dalam hidup orang lain itu, dalam cara keberadaannya di dunia.
Suatu pertemuan manusiawi sedemikian bisa muncul sebagai suatu hadiah yang tak tersangka – sangka dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya saya duduk di samping seorang yang belum saya kenal. Kami mulai omong – omong tentang soal – soal harian yang ringan. Orang itu menceritakan kepada saya tentang keluarganya, bahkan pengalaman pahit yang dialaminya. Hatiku tergerak untuk melayani dia dengan sesuatu cara yang melebihi formalitas. Orang itu seolah - olah membuka tabir sosialnya, ia mengundang saya memasuki tempat suci dari kehidupan batiniahnya. Kami merasakan dan mengungkapkan suatu realitas baru. Apakah realitas baru itu? Apakah hubungan baru atau vital ini. Apakah ciptaan hubungan yang tiba – tiba ini?
Sesuatu yang sungguh – sungguh real telah timbul diantara kami, kami saling memberi perhatian (Concern), ada kontak batin diantara kami berdua.
Kadang – kadang pertemuan yang singkat, ucapan terima kasih sudahlah cukup melahirkan pengalaman hubungan tersembunyi antara dua manusia dan melalui kata –kata demikian kedua insan tersebut saling menemukan kepribadian masing – masing.
Apabila kita perhatikan baik – baik fenomena atau gejala pertemuan demikain itu, akan kita sadari bahwa “PENGALAMAN KITA” yang muncul itu mempunyai arti yang sangat dalam. Di dalam suatu pertemuan sejati, kita alami bahwa kita memberi pelayanan satu terhadap yang lain.
Ada lagi satu perbedaan antara “Pengalaman kita” dan pertemuan rutin yang kita lakukan dengan manusia – manusia lain. Tiap orang mempunyai kualitas – kualitas objek sendiri. Apabila secara kebetulan bertemu dengan seseorang dalam masyarakat saya cenderung untuk mengkategorisasikan dia dengan cara meredusir seluruh keberadaannya kedalam sifat – sifat umum yang bisa dikatakan tentang siapa saja. Tetapi pengalaman pertemuan sejati ini membuat semua kualitas itu mundur kelatar belakang atau menciut dan tidak berarti. Apabila saya sudah meredusir dia kedalam kualitas – kualitas lahiriyah itu maka antara kami sudah tidak akan tumbuh pertemuan sejati. Reduksi dari pribadi yang unik itu kadalam beberapa kualitas objektif dan yang dapat diukur memustahilkan pertemuan manusiawi. Hal demikian memustahilkan konseling. Pertemuan manusiawi adalah “jantung”nya psikoterapi, dasar perubahan dan pertumbuhan. Pertemuan manusiawi adalah kesembuhan dalam arti yang sedalam – dalamnya.

PERTEMUAN TERAPEUTIK YANG AUTENTIK
Ada banyak situasi dimana termanifestasikan perjumpaan manusiawi yang sebenarnya, dimana ada perhatian dan pengertian tetapi tidak bersifat terapeutis. Bilamana suatu perjumpaan manusiawi bersifat terapeutis? Kondisi – kondisi manakah yang memungkinkan perjumpaan manusia terapeutis?
Perjumpaan manusiawi terapeutis berlangsung bila saya merasa terlibat dalam kehidupan pribadi orang lain sehingga saya merasa terpanggil atau berkewajiban untuk memberi JAWABAN terhadap suatu PERMINTAAN (appeal) orang lain itu dan orang itu mengatakan bahwa dia memerlukan saya secara sangat PRIBADI, dalam beberapa taraf kehidupan dan perkembangannya.
Perjumpaan manusiawi terapeutik menuntut kehadiran saya secara penuh dalam diri klien yang memanggil saya. Panggilan atau permintaan dari suatu pribadi secara menyeluruh harus dijawab dengan KEHADIRAN dari seorang pribadi secara menyeluruh pula. Sesuatu yang kurang dari itu berarti penghianatan terhadap permohonan klien yang bersangkutan, dan hal ini merupakan pelolosan (escape) dari pada memberikan diri sendiri bagi orang lain dalam rangka penjumpaan manusiawi yang bersifat terapeutik. Untuk dapat memberikan kesembuhan diperlukan kehadiran konselor secara total dalam diri konseli.

Kata Terurai jadi Laku…

Kulitnya hitam. Wajahnya jelek. Usianya tua. Waktu pertama kali masuk ke rumah wanita itu, hampir saja ia percaya kalau ia berada di rumah hantu. Lelaki kaya dan tampan itu sejenak ragu kembali. Sanggupkah ia menjalani keputusannya? Tapi ia segera kembali pada tekatnya. Ia sudah memutuskan untuk menikahi dan mencintai perempuan itu. Apapun resikonya.

Suatu saat perempuan itu berkata padanya, “Ini emas-emasku yang sudah lama kutabung, pakailah ini untuk mencari wanita idamanmu, aku hanya membutuhkan status bahwa aku pernah menikah dan menjadi seorang istri.” Tapi lelaki itu malah menjawab, “Aku sudah memutuskan untuk mencintaimu. Aku takkan menikah lagi.”

Semua orang terheran-heran. Keluarga itu tetap utuh sepanjang hidup mereka. Bahkan mereka kemudian dikaruniai anak-anak dengan kecantikan dan ketampanan yang luar biasa. Bertahun-tahun kemudian orang-orang menanyakan rahasia ini kepadanya. Lelaki itu menjawab enteng, “Aku memutuskan untuk mencintainya. Aku berusaha melakukan yang terbaik. Tapi perempuan itu melakukan semua kebaikan yang bisa ia lakukan untukku. Sampai aku bahkan tak pernah merasakan kulit hitam dan wajah jeleknya dalam kesadaranku. Yang kurasakan adalah kenyamanan jiwa yang melupakan aku pada fisik.”

Begitulah cinta ketika ia terurai jadi laku. Ukuran integritas cinta adalah ketika ia bersemi dalam hati terkembang dalam kata.terurai dalam laku Kalau hanya berhenti dalam hati, itu cinta yang lemah dan tidak berdaya. Kalau hanya berhenti dalam kata, itu cinta yang disertai kepalsuan dan tidak nyata Kalau cinta sudah terurai jadi laku, cinta itu sempurna seperti pohon; akarnya terhujam dalam hati, batangnya tegak dalam kata, buahnya menjumbai dalam laku. Persis seperti iman, terpatri dalam hati, terucap dalam lisan, dan dibuktikan oleh amal.

Semakin dalam kita merenungi makna cinta, semakn kita temukan fakta besar ini, bahwa cinta kuat ketika ia datang dari pribadi yang kuat, bahwa integritas cinta hanya mungkin lahir dari pribadi yang juga punya integritas. Karena cinta adalah keinginan baik kepada orang yang kita cintai yang harus menampak setiap saat sepanjang kebersamaan.

Rahasia dari sebuah hubungan yang sukses bertahan dalam waktu lama adalah pembuktian cinta terus menerus. Yang dilakukan para pencinta sejati disini adalah memberi tanpa henti. Hubungan bertahan lama bukan karena perasaan cinta yang bersemi dalam hati, tapi karena kebaikan tiada henti yang dihasilkan oleh perasaan cinta itu. Seperti lelaki itu, yang terus membahagiakan istrinya, begitu ia memutuskan untuk mencintainya. Dan istrinya, yang terus menerus melahirkan kebajikan dari cinta tanpa henti. Cinta yang tidak terurai jadi laku adalah jawaban atas angka-angka perceraian yang semakin menganga lebar dalam masyarakat kita.

Tidak mudah memang menemukan cinta yang ini. Tapi harus begitulah cinta, seperti kata Imam Syafii,

Kalau sudah pasti ada cinta di sisimu

Semua kan jadi enteng

Dan semua yang ada di atas tanah

Hanyalah tanah jua.


oleh : Ust.Annis

===========

Ini adalah kutipan yang memang mungkin sudah sering di bagi tetapi kali ini saya ingin membaginya lagi dalam blog ini.

Semoga bagi yang membacanya dapat mendapat dan memetik maksudnya.

Terima Kasih

Minggu, 09 Mei 2010

Cita-cita dan Mimpi

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Cita-cita

· Untuk tulisan kali ini saya akan mengangkat tema tentang sebuah pandangan hidup seorang manusia.Dan ini adalah tentang sebuah cita-cita dalam hidup,sebuah kata yang dapat berarti banyak pada seorang individu.Sebuah cita- cita sudah menjadi hal yang sangat tertanam sejak kecil karena sejak SEkolah dasar bahkan saat taman kanak-kanak,pertanyaan tentang cita-0cita sudah sering ditanyakan.Anak-anak kecil juga sudah memiliki banyak angan-angan tentang sebuah cita-cita saat mereka dewasa kelak dan sebuah profesi Dokter biasanya sering mereka sebut sebagai profesi mereka ketika dewasa.

Cita-cita itu sendiri adalah dapat disebuat sebuah impian yang datangnya dari proses tentang pengembangan dan pengenalan karakter diri.Mengapa demikian ?

Karena saat seorang anak kecil ditanya tentang cita-cita mereka kelak maka mereka akan menjawab sesuka hati mereka atau hanya menjawab berdasarkan apa yang mereka sering lihat dan dengar tetapi hal itu mungkin saja berubah seiring berjalannya waktu.Pandangan dan pengalaman dalam hidup membuat banyak hal yang dinilai menarik oada awalnya dapat berubah dengan berbagai pertimbangan dan alasan.

Sebuah cita-cita dapat pula disebut sebuah mimpi.Mimpi bagi sebagian orang adalah hal yang sangat mempengaruhi dalam hidup karena saat seseorang mampu untuk bermimpi tentang hari esok maka seluruh semangat dan harapan menjadi hal yang entah bagaimana dapat menjadi sebuah suntikan semangat bagi hari ini dan hari esok.Bermimpi bukanlah perkara mudah karena untuk dapat bermimnpi dan memiliki cita-cita seseorang harus pula memilki sebuah keberanian.Sikap optimis diperlukan dalam menentukan cita-cita.Ada pendapat yang berkata bahwa

“janganlah terbang terlalu tinggi karena nanti asaat terjatuh rasanya pasti akan sakit sekali”

Pendapat seperti itu dapat diartikan bahwa jangan suka terlalu berkhayal atau berharap terlalu tinggi karena saat gagal maka akan terasa sangat mengecewakan.

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam pendapat itu katrena itu hanya sebuah pendapat.

Namun keberanian untuk memimpi dan berharap adalah awal mula dari terwujudnya sebuah cita-cita.

Sebuah Penyesalan

Tema : manusia dan Penderitaan

- Nasib buruk

- Penyesalan

Sebuah kehidupan adalah garis lurus yang memiliki ujung dan akhir yang sepanjangnya terdapat banyak filosofi,nasihat dan pelajaran.Diisi dengan bahagia dan keluh kesah.Sebuah pengorbanan didalamnya juga termasuk hal yang akan terjadi seiring dengan tumbuhnya umur dan kesadaran akan lingkungan sekitar.

Dalam sebuah kehidupan adanya sebuah nasib buruk adalah hal sering diratapi sebagai sebuah kesalahan yang patut dipersalahkan.Orang-orang yang mengatsnamakan nasib buruk mereka sebagai alasan mengapa mereka tidak merasa bahagia adalah orang-orang yang kerdil hatinya.Dikatakan demikian karena sebuah keadaan yang disebut nasib buruk terjadi saat seorang individu melakukan kesalahan dan pasti segala hal yang berlaku memiliki alasan mengapa terjadi.Itulah mengapa sebuah kejadian buruk disesali tetapi jika hal tersebut dijadikan satu-satunya alasan mengapa semua hal buruk terjadi maka itu tidaklah benar.

Sebuah penyesalan adalah baik adanya karena dengan begitu berarti seseorang menyadari bahwa apa yang telah diperbuatnya adalah merupakan kesalahan dan ia dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari semua itu.Perasaan menyesal bukanlah perasaan yang diinginkan setiap orang karena selalu datang terlambat dan seringnya setelah sebuah peristiwa terjadi sehingga yang dapat dilakukan adalh berusaha untuk tidak mengulanginya.Dalam sebuah penyesalan,jika ditanggapi dengan baik maka akan memberikan dampak yang baik seperti perbaikan sikap dan keputusan tetapi sebuah penyesalan yang dipandang sebagai ketidakberuntungan atau ditanggapi berlebihan akan tidak merubah atau malah memperburuk kondisi yang ada.

Hidup adalah sebuah siklus dimana ada keadaan yang kadang menguntungkan dan ada keadaan yang kurang baik.Sebuah keadaan yang disebut nasib buruk dan sebuah penyesalan tentu saja akan saling berhubungan.Semua tergantung bagaimana sebuah sikap dalam menyikapi dan mensyukuri hidup.Tetapi sebuah nasib buruk yang diakhiri penyesalan dan perbaikan dapat memberikan hasil yang lebih baik dilain kesempatan itulah pentingnya memilki kecakapan emosi yang baik agar dapat melihat sisi yang baik dari segala hal tidak hanya sisi buruk dan penyesalan.

Sabtu, 08 Mei 2010

kegelisahan dalam hati

Tema : Manusia dan Kegelisahan
Keterasingan
Kesepian

Manusia adalah makhluk yang kompleks dalam berperasaan dan menilai.Sebuah perasaan gelisah yang sering dirasakan adalah bagian dari sebuah respon terhadap lingkungan.Dalam perasaan gelisah terdapat sebuah kecemasan dan kekhawatiran yang kadang timbul karena sebuah tekanan akan suatu hasil tertentu.

Rasa keterasingan yang dirasakan berasal dari kata dasar ‘asing’ yaitu tidak dikenal atau dapat diartikan secara tersirat yaitu terpencil.Sebuah keadaan dimana seseorang merasa terpencil,dikucilkan,sendirian dan kesepian adalah hal yang lumrah dirasakan namun pada kadar yang berbeda-beda.Sebuah keterasingan dirasakan akibat suatu perbuatan atau tindakan yang tidak dapat diterima oleh pihak lain sehingga perasaan tersebut terjadi terhadap pihak tersebut.Rasa asing menimbulkan ketidaknyamanan dalam menentukan langkah berikutnya karena akan selalu ada pertimbangan yang terkadang justru tidak diperlukan dengan alasan bahwa pertimbangan tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan hal yang buruk dikemudian.Segala kecemasan dan kekhawatiran berlebihan dapat timbul karena rasa keterasingan.

Saat seseorang berada dalam kondisi sendiri dan jauh dari lingkungan yang disukainya maka ia merasa kesepian.Kesepian adalah sebuah nalar makhluk hidup yang membutuhkan teman atau pasangan.Itu adalah naluri alamiah dari sebuah perasaan membutuhkan manusia lain atau juga bisa sebagai hasil dari sebuah ketertutupan pribadi yang tidak ingin orang lain mengetahui tentang dirinya.Sifat terbuka yang dimilki seseorang biasanya tidak akan membuat oorang tersebut merasa kesepian karena memilki banyak teman walaupun kadang perasaan itu datang bukan hanya pada saat seseorang dalam keadaan sendiri.Dalam keadaan ramai pun rasa kesepian bisa datang jadi perasaan tersebut dikendalikan dan murni dari kondisi emosi orang pada saat itu.

Keadilan bagi manusia

MANUSIA DAN KEADILAN
- Keadilan
- Perlakuan yang tidak adil

Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem
yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu
sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam
golongan mahluk mamalia ( biologi ). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh
keuntungan atu selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus ( ilmu ekonomi ). Manusia
merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri ( sosiologi ), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan
( politik ). Dan lain sebagainya.
( Diambil dari http://massofa.wordpress.com )

Dari penjelasan singkat yang dihadirkan diatas maka dalam kehidupannya dapat dilihat bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk melakukan hal dari sudut pandang dan penilaian yang berbeda.Hal ini tentu saja berhubungan dengan sebuah nilai dari keadilan.
Sebuah keadilan dinilai relatif terutama dalam hal yang tidak berwujud seperti keadilan dalam sebuah kejahatan atau tindak kriminal.Pada sisi yang berbuat kejahatan maka hukuman seringan apapun akan terlihat berat sedangkan dari pihak korban,hukuman seberat apapun akan terasa kurang adil,itulah kerelatifitasan sebuah hukuman dan keadilan dalam masyarakat apabila dinilai dalam berbagai sudut pandang.Berbeda jika kasusnya berhubungan dengan nilai materi contohnya sebuah hutang.Jika sebuah hutang dibayar sesuai dengan nilai yang dipinjamkan maka sebuah keadilan terjadi pada pemberi dan penerima hutang.Ini dapat dinilai sebagai keadilan dalam segi ekonomi atau manusia sebagai homo economicus.

Sebuah perlakuan tidak adil yang diterima seorang manusia akan memberikan akibat yaitu sebuah penentangan atau paling tidak sebuah tindak balik.semua itu terjadi karena pada dasarnya semua manusia memilki kesadaran dan rasa ingin diperlakukan dengan seadil-adilnya walau kadang tanpa sadar manusia melakukan ketidakadilan pada manusia lainnya.
Namun bagaimanapun walau dengan kadar adil yang berbeda,Negara ini memiliki dasar-dasar hokum yang mengatur tentang sebuah keadilan.Sifat keadilan yang ada di Negara inipun bersifat memaksa karena pada dasarnya siapapun termasuk dalam area hokum dimana jika ia melakukan kesalahan maka akan diberi hukuman seperti yang sudah ditetapkan yang sudah dinilai adil.