Minggu, 30 Mei 2010

kegelisahan hidup

Dalam setiap permasalahan hidup pasti selalu ada tempat bagi sebuah rasa gelisah.gelisah adalah perasaan dimana tanda bahwa terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.manusia diberi apa yang dinamakan firasat dan biasanya rasa gelisah adalah yang paling mendominasi dari sebuah firasat terutama firasat yang tidak baik.
Masalh kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena pa yang diinginkan tidak tercapai. Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan
(obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
Kecemasan obyektif adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam utnuk mencelakakannya.
Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadia takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan..
Kecemasan neorotis timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi tiga macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional (phobia) dan rasa takut lain karena gugup, gagap dan sebagainya.
Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar. Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

Obat dari kegelisahan itu sendiri adalah berpikir positif dalam segala hal dan dimana memang bukan hal yang mudah.Sudah menjadi kebiasaan untuk selalu melihat sisi yang tidak mengenakkan lebih dulu padahal hal tersebut malah akan menambah kecemasan akan suatu hal dan tidak mnyelesaikan masalah yang ada sama sekali.

Cobalah untuk selalu memulai meikirkan maslah dengan cara yang baik yait denganmengambil sisi baik dan mempertimbangkan hal yang mungkin saja terjadi dengan cara yang positif maka mungkin saja akan dapat meredam sebuah kegelisahan.

Percayalah bahwa kegelisahan itu sendiri adalah hal yang tidak beralasan untuk terjadi saat semua pikiran mengarah pada hal yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar