Minggu, 30 Mei 2010

GENERASI KOMPUTER

Komputer pertama yang menggunakan komponen elektronika adalah ENIAC yang dibuat oleh Eckerct dan Mauchly.

Tetapi komponen yang digunakan tersebut tidak sama dengan komponen-komponen yang digunakan pada komputer sekarang ini.

Dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik,begitu juga halnya dengan penemuan peralatan computer.Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari computer-komputer tersebut kita bisa membagi perkembangan computer dalam beberapa generasi.Ada yang membagi atas 3 generasi,ada yang atas 4 generasi,sampai saat ini.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Komputer dengan komponen elektronika dengan vacuum tube atau tabung hampa kita sebut sebagai permulaan dari generasi computer.

Peralatan-peralatan jenis ini masih dalam ukuran yang sangat besar sehingga memerlukan ruangan atau tempat yang luas.Sifat dari komponen ini banyak mengeluarkan panas,sehingga memaksa orang untuk menyediakan alat pendingin ( AC ) yang banyak.Proses dan kapasitas dari computer ini juga masih kecil dan sangat terbatas sekali.Contoh computer generasi pertama ini adalah IBM-650.Di samping IBM ,pabrik-pabrik computer lainnya juga sudah mulai memproduksi computer ini seperti UNIVAC,RCA,BURROUGHS,HONEYWELL,dll.

KOMPUTER GENERASI KEDUA
Sejak ditemukannya “Transistor”,maka orang mulai menggantikan peranan tabung hampa tersebut dengan transistor.Jika disbanding dengan tabung hampa maka peralatan transistor ini jauh lebih kecil,sehingga computer yang menggunakan alat ini jauh lebih kecil ukuran fisiknya.Disamping ukuran yang semakin kecil,ciri-ciri lain dari jenis computer generasi kedua ini adalah : kecepatan yang semakin tinggi dalam melakukan pengolahan data,tidak banyak panas dan kapasitas memori yang semakin besar.Komputer generasi ini juga sudah mengenal Teleproccessing yaitu proses data jauh antara satu computer dengan computer lainnya.Contoh computer generasi kedua adalah IBM Model 1620,IBM 1401 dll.

KOMPUTER GENERASI KETIGA
Kemajuan teknologi elektronika terus berkembang hingga orang bisa menemukan suatu komponen computer yang sangat kecil ukurannya yaitu berupa Solid Logic Technology dan Monolithic Intergrated Circuit.Dengan menggunakan komponen ini ukuran computer juga semakin kecil,kapasitas memori menjadi sangat besar dan proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Selain perkembangan dalam peralatan-peralatan computer,perkembangan dukungan atas computer semakin maju.Orang telah bisa membuat suatu system yang memungkinkan computer bisa dilakukan lebih dari satu macam dalam saat yang bersamaan (multi-programming ).Contoh computer generasi ketiga adalah IBM S/370 yang digunakan oleh PEMDA DKI,UNIVAC 1106 yang dipakai oleh HANKAM dan DEP.KEU. Saat ini orang telah menemukan peralatan Semi Conductor dan Intergrated Circuit ( IC ) yang digunakan pada memori dalam mesin computer.Tetapi perkembangan ini tidak sejauh perkembangan yang dialami computer generasi pertama,kedua dan ketiga.Namun rupanya ada perbedaan pendapat diantara para ahli mengenai generasi computer ini.

Menurut G.L. Simons1,prototype computer generasi kelima ditargetkan dibuat pada tahun 1991.Lepas dari berhasil tidaknya niat itu,satu hal sudahlah nyata.Paling sedikit dalam perhitungan Simons itu,kita telah mengenal adanya empat generasi computer dan bermodalkan keempat generasi itu,para ahli merencanakan computer generasi kelima yang jauh lebih ampuh lagi.

Ternyata tidak semua orang sependapat denga Simons bahwa kini kita telah memiliki empat generasi computer.Ada yang beranggapan bahwa kita baru mengalami tiga generasi computer.Sebaliknya ada pula orang yang beranggapan bahwa kita sudah mengalami lima generasi computer.

EMPAT GENERASI
Tanpa menyebut tahunnya,Simons menunjukkan bahw computer generasi pertama dibuat dengan tabung elektronika (misalnya EDSAC dan Colossus).Komputer generasi kedua dibuat dengan Transistor (misalnya IBM 1401 an NCR 360 dan ICL 1900).Komputer generasi keempat dibuat dengan rangkaian terpadu bertingakat tinggi (misalnya IBM 3801 dan Fujitsu M380 )

Sejarah computer dengan empat generasi ini ditunjang oleh beberapa ilmuwan lain,sekalipun tahun mulai dari setiap generasi belum tentu sama bagi para ilmuwan itu.Martin M Lipschutz dan Seymour Lipschutz2 mengemukakan bahwa computer generasi pertama berlangsung pada tahun 1946 sampai 1959,computer generasi kedua pada tahun 1959 sampai 1965,computer generasi ketiga pada tahun 1965 sampai 1970 dan computer generasi keempat pada tahun 1970 sampai sekarang.




Empat generasi computer ini ditunjang pula oleh Sperrey Univac3.Perbedaan hanya terletak pada bentangan tahun dari setiap generasi itu.Menurut Sperry Univac,generasi pertama berlangsung dari tahun 1951 sampai 1959,generasi kedua dari 1959 sampai 1964,generasi ketiga dari 1964 sampai 1974 dan generasi keempat dari 1974 sampai sekarang.

Marvin R Gore dan John W Stubbe4 juga berpendapat bahwa sejarah computer terdiri atas empat generasi.Namun mereka memiliki bentangan tahun tertentu untuk setiap generasi itu.Generasi pertama berlangsung dari tahun 1950 sampai 1959,generasi kedua dari tahun 1959 sampai 1964,generasi ketiga dari tahun 1964 sampai 1979 dan generasi keempat dari tahun 1979 sampai sekarang.

Sejarah generasi computer itu juga disokong oleh Elias M Awad5.Namun,menurut Awad,bentangan tahun untuk setiap generasi computer adalah lain lagi.Generasi pertama membentang dari awal sampai tahun 1959,generasi kedua dari tahun 1959 sampai 1965,generasi ketiga dari tahun 1965 sampai 1971 dan generasi keempat dari tahun 1971 sampai sekarang.

TIGA GENERASI
Tidak semua orang mempunyai pendapat seperti itu.Ada sejumlah orang yang berpendapat bahwa kita baru mengenal tiga generasi computer.Di dalam dua buku yang ditulis oleh Donald H Sanders6,7 ,kita menemukan tiga generasi computer.Generasi pertama membentang dari tahun 1945 sampai tahun 1959,generasi kedua dari tahun 1959/1960 sampai 1964 dan generasi ketiga dari tahun 1964.

James A Senn8 juga berpendapat serupa dengan itu.Baginya,bentangan waktu untuk setiap generasi bersamaan dengan bentangan waktu susunan Sanders.Generasi pertama memebentang dari awal sampai tahun 1960,generasi kedua dari tahun 1960 sampai 1964 dan generasi ketiga dari tahun 1964 sampai sekarang.




Pembagian yang sama kita dapatkan pula dari John P Hayes.Namun bagi Hayes,bentang waktu untuk setiap generasi berbeda dengan yang dikemukakan oleh Sanders dan Senn.Menurut Hayes, generasi pertama membentang dari tahun 1946 sampai 1954,generasi kedua dari tahun 1955 sampai 1964 dan gerakan ketiga dari tahun 1964 sampai sekarang.

Di samping versi tiga generasi masih ada pendapat yang mengemukakan bahwa kita mengenal lebih dari tiga generasi computer.Anthony Ralston10 mengemukakan generasi ketiga emudian.Menurut Ralston,generasi pertama memebentang dari awal tahun,generasi kedua dari 1959 sampai 1964,generasi ketiga dari 1964 sampai 1969 dan generasi ketiga kemudian dari tahun 1969 sampai sekarang.

LIMA GENERASI
Ternyata tidak semua orang berpendapat demikian.Ada orang yang berpendapat bahwa generasi computer bukan hanya empat atau tiga,mereka mengatakan bahwa kini kita sudah mengelami lima generasi computer.Daniel P Siewiorek,C Gordon Bell dan Allen Newell11 misalnya,beranggapan bahwa kita telah memiliki lima generasi computer sehingga kini kita sedang menjurus ke generasi keenam.

Menurut ketiga orang ini,bentang generasi computer berawal pada tahun 1945.Generasi pertama dari tahun 1945 sampai 1958,generasi kedua dari tahun 1958 sampai 1966,generasi ketiga dari tahun 1966 sampai 1972,generasi keempat dari tahun 1972 sampai tahun 1978 dan generasi kelima dari tahun 1978 sampai sekarang.

Saburo Matsuo12 mempunyai pendapat yang agak lain.Pada pembabakan generasi computer,Matsuo memasukkan generasi 3,5.Bagi Matsuo,generasi pertama membentang dari tahun 1946 sampai 1957,generasi kedua dari tahun 1957 sampai 1964,generasi ketiga dimulai pada tahun 1964.Tanpa menyebut tahunnya,Matsuo mengemukakan adanya generasi ketiga setengah dan keempat.









Munculnya generasi aneh berupa generasi ketiga setengah ini tentunya disesuaikan dengan pengumuman Jepang untuk menciptakan computer generasi kelima.Dengan demikian,generasi sebelumnya perlu berjumlah empat saja dan bersama itu Matsuo mengemukakan generasi ketiga setengah.

Tampak pada uraian ini bahwa generasi computer bukanlah suatu kronologi yang telahdisepakati.Sekalipun semuanya berpatokan kepada perkembangan sarana keras computer,pembabakan generasi computer dapat saja berbeda untuk ilmuwan berbeda.Dan sebagai orang yang juga berkecimpung di bidang computer,hendaknya kita juga mengetahui hal itu.

2 komentar:

  1. apakah perbedaan dari komputer generasi tersebut dengan komputer yang terdapat di sekitar kita?

    BalasHapus
  2. bedanya komputer jaman sekarang lebih canggih & simple dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya

    BalasHapus