Minggu, 14 November 2010

Apa itu new media ?

Mendefinisikan new media sebagai produk dari teknologi media komunikasi yang hadir pada era komputer digital. Sebelum tahun 80-an media pada umumnya mengandalkan cetakan dan model analog seperti koran,televisi,sinema dan radio. Sekarang kita telah memiliki radio digital,televisi dan sinema ketika percetakan juga bertransformasi oleh teknologi digital baru seperti memanipulasi gambar melalui software-software seperti Adobe Photoshop dan desktop publishing tools.

Beberapa teknologi yang oleh karena itu mungkin termasuk dan berhubungan dengan new media antara lain :
- Internet dan World Wide Web (www)
- Televisi digital
- Sinema digital
- Personal Computer (PC)
- DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc)
- CD (Compact Disc)
- Pemutar Media Portable (contoh : MP3 Player)
- Mobile or Cell Phones
- Video atau Games Computer
- Virtual Reality (VR)
- Kecerdasan Buatan

New media mungkin bukan masa yang ideal untuk era teknologi tapi ini adalah satu masa yang dikenal secara internasional dengan perkembangan yang berasosiasi dengan transformasi teknologi dalam komunikasi yang terakhir kali ada. Jadi,apa perbedaan utama antara digital dan media analog ?

Pertama,media digital melebihi teknologi analog dalam hal kemudahan dalam mentransfer melalui media yang berbeda platform,ini dengan dimanipulasi dan disebarkan,ini dapat disimpan dan dengan mudah diakses atau didistribusikan dan ini lebih tidak rentan mengalami kerusakan selama penyimpanan. Kedua,data digital juga lebih mudah untuk dimanipulasi dan hasilnya dapat diproduksi ulang tanpa mengurangi kualitasnya. Pendeknya,materi digital melebihi sistem analog dalam hal kecepatan,kualitas dan kemampuan.

Pada tempat utama dalam perubahan kebudayaan ini terletak pada internet,jaringan yang mewah dari jaringan itu sendiri. Semuanya bermula pada tahun 50-an dan 60-an,internet sendiri tidaklah begitu baru. Yang baru adalah saling keterhubungan antar jaringan komputer yang diikat oleh satelit,wireless,kabel fiber optik dan kawat yang memungkinkan model tradisional dari komunikasi yang berubah secara radikal. Melalui pencari kata mesin pencari seperti Yahoo,Lycos,Ask Jeeves,Alta Vista dan Google,jutaan orang dari seluruh dunia dapat secara cepat dan mudah mengakses informasi secara online. Dibandingkan dengan ensiklopedia dan perpustakaan tradisional,World Wide Web (www) memungkinkan secara tiba-tiba dan mendestralisasi informasi secara ekstrim. Berdasarkan statistika dunia internet pada tahun 2007 tanggal 30 Desember,1.319 juta orang menggunakan internet (www.internetworldstats.com/stats.htm). Ini mengejutkan untuk sebuah bentuk teknologi yang hanya bisa diakses oleh banyak orang dimulai dari awal 90-an ketika personal komputer pertama kali dapat diperjualbelikan (lihat Appendix : New Media – a timeline).
Sebelumnya,ketika internet biasanya diidentifikasikan dengan new media,personal komputer tidak banyak digunakan.

Komputer digunakan biasanya untuk mengkoordinasi informasi di berbagai lokassi sejak awal 50-an. Periode ini sekarang dikenal sebagai generasi pertama dari tekhnologi komputer yang sebagian besarnya dikontrol melalui mekanikal atau peralatan elektromekanikal. Sebaliknya,komputer generasi kedua biasanya berhubungan dengan yang menggunakan vakum tube. Saat itu komputer memiliki memory yang kurang dari satu megabyte dapat sebesar seperempat lapangan sepakbola. Dengan kedatangan transistor yang berciri dan SSI-,MSI-,sirkuit LSI-terintegrasi pada tahun 70-an jadi komputer generasi ketiga memproduksi sistem yang sudah digembar-gemborkan akan lebih mudah dibawa yaitu minikomputer. Tidak bisa diacuhkan,generasi ini juga digantikan oleh generasi keempat yang menggunakan VLSI sirkuit terintegrasi yang memproduksi personal komputer pertama (lebih seringnya di identifikasikan sebagai new media). Belum selesai,ini bukan akhir dari perkembangan komputer;dengan hadirnya generasi kelima (berdasarkan teori dan tahap eksperimen) yang lalu memproduksi komputer kuantum,chemical computer,DNA computing,optikal komputer dan komputer berbasis Spintronics (bentuk dari magnet elektronik yang mengeksploitasi putaran kuantum dari elektron yang dibuat menggunakan bagian yang dibebankan ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar