Minggu, 28 Februari 2010

Permasalahan Sosial

NAMA:MANDAR NUR ASLAM

NPM: 53409478

KELAS:1IA04

Seiring perkembangan zaman yang kian semakin pesat, seperti teknologi yang semakin canggih dan mutakhir yang memiliki daya kemampuan yang tinggi. Namun seiring perkembangan teknologi pun di ikuti dengan perkembangan social yang sangat tinggi.semua itu memiliki dampak posotif dan negative dari setiap perkembangan .

Mungkin saat ini kita sulit atau sangat jarang menemukan suatu keadaan social yang rukun antar sesama manusia, saling bertoleransi dalam kehidupan masyarakat. Kini semua telah berubah akibat perkembangan zaman, perpindahan orde lama ke orde baru yang membuat manusia harus bisa mengikuti perkembangan tersebut.

kehidupan Social jarang kita temukan dalam lingkungan yang memiliki konteks perumahan elite / mewah. Rumah- rumah yang memiliki pagar yang besar dan sangat tinggi. Mereka yang hidup di daerah tersebut hanya memikirkan kepentingan sendiri tanpa melihat sekitar atau lingkungannya. Berbeda dengan hidup di perkampungan yang sangat memiliki social yang kuat , yang saling tolong menolong antar sesama manusia, contohnya saat kita mendapatkan musibah atau membututuhkan bantuan , pasti daerah tersebut saling bahu membahu, saling bergotong royong kepada siapapun yang memerlukan bantuannya.

Social juga bisa kita temukan dalam kehidupan sehari hari, seperti halnya orang dahulu lebih suka berobat kepada paranormal atau meminum jamu untuk menyembuhkan penyakitnya. Mereka belum percaya terhadap obat-obatan atau mungkin mereka pada zaman dahulu sangat memikirkan penghasilan mereka yang pas-pasan yang belum mencukupi berobat di rumah sakit terdekat karna biaya pengobatan yang cukup mahal.

Sebenarnya masalah social kita dapat temukan di berbagai tempat, dan social sampai kapan pun takkan ada habisnya, karena masalah social selalu mengikuti perkembangan zaman yang akan terus berubah dari generasi ke generasi. Tetapi dari semua masalah social pasti memiliki jalan keluar untuk memecahkan masalah social . oleh karena itu dalam konteks apa pun masalah social adalah suatu cerminan kita untuk saling menjaga , menghormati , menghargai sesama manusia. Dan oleh sebab itu kita semua adalah makluk social yang hidup di dunia ini tidak sendiri, tanpa mereka semua kita tidak bisa apa-apa.

Maka janganlah kita hanya mementingkan kepentingan sendiri tetapi kita lihatlah sekitar kita, yang membutuhkan bantuan atau hal apa pun yang dapat menjalin ikatan sosial menjadi erat, karena tanpa melihat dampak akibat dari perbuatan sosial tersebut yang dilakukan, kita takkan tahu betapa pentingnya peranan kehidupan sosial dalam kehidupan kita, dimana pun kita berada , marilah kita jalin hubungan sosial yang baik dan indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar