Rabu, 06 April 2011

sekilas tentang TCP/IP

Dalam salah satu mata kuliah softskill,saya ditugaskan untuk menulis artikel tentang TCP/IP. Dalam potingan kali ini saya berusaha menulis ulang apa yang saya baca dalam wikipedia.

TCP/IP

TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an, ini adalah sekumpulan protokol yang saling berhubungan dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack. Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN).


Sifat-sifat TCP/IP :


- Independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan.
- Menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP atau IP address
.
- Routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda untuk membentuk jaringan yang heterogen.



TCP/IP mengimplementasikan arsitektur yang terdiri atas empat lapis dan lapisan-lapisan ini dipetakan terhadap model OSI,meski secara tidak langsung. Setiap lapisan yang dimiliki oleh kumpulan protokol (protocol suite) TCP/IP diasosiasikan dengan protokolnya masing-masing.

Protokol utama dalam protokol TCP/IP adalah sebagai berikut:


1. Protokol lapisan aplikasi: bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP.

2. Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless.

3. Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP.

4. Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai TCP, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1401/1/50407970.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus